Adie Prasetyo

Because History Must be Written

Presiden SBY Anti Kritik?

Posted by Ndaru Nusantara pada 24 Agustus 2010

Wakil Koordinator Indonesia Corruption Watch Emerson Yuntho menilai Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah menunjukkan sikap merasa diri paling superior dengan keengganannya berkomentar terhadap kritik yang disampaikan publik. “Saya rasa memang presiden berada dalam posisi merasa semuanya under control,” kata Emerson kepada Tempo yang menghubunginya, Ahad 22 Agustus 2010.

Ahad malam kemarin, Presiden SBY saat berbuka puasa dengan pengurus Partai Demokrat di kediaman pribadinya, Puri Cikeas Bogor menegaskan tidak akan banyak mengomentari isu-isu terkait politik, hukum, sosial yang ada di dalam negeri. Ia menilai tidak elok apabila presiden bersikap reaktif terhadap isu yang muncul setiap hari. Ia juga meminta keluarga besar Partai Demokrat tetap tenang dalam menghadapi isu-isu negatif.

Menurut Emerson, saat ini terdapat kecenderungan posisi presiden tidak ada yang mengganggu. Semua partai politik dalam sikap pro kebijakan presiden. Sedangkan lembaga di luar kepresidenan seperti KPK dan yang lain posisinya lebih lemah.

Akibatnya presiden berada pada kedudukan yang lebih tinggi dibanding lembaga lain atau partai lain sehingga dia merasa superior. Namun sikap ini, menurutnya tak ubahnya dengan sikap negara yang otoriter. “Karena dia antikritik. Ini kan kebijakan saya. Padahal negara yang tanpa kritik itu otoriter,” katanya.

Sikap ini juga menunjukkan seolah presiden lepas tanggung jawab. “Kalau mau bijaksana dia bisa menyampaikan kalau kritik ini akan menjadi catatan di masa yang akan datang,” ujar Emerson. Ia juga meyakini sikap presiden ini justru akan menimbulkan reaksi dan kritik lebih keras dari masyarakat.
TEMPO InteraktifJakarta
Kartika Candra

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: