Adie Prasetyo

Because History Must be Written

Menebak Pidato SBY Tentang Malaysia

Posted by Ndaru Nusantara pada 1 September 2010

Diduga ada keterkaitan antara gerakan segelintir pensiunan Jenderal yang melontarkan wacanaimpeachment dengan keputusan SBY memilih Mabes TNI sebagai tempat memberikan pernyataan resmi soal situasi diplomatik Indonesia-Malaysia.

Ketua Komisi I DPR, Mahfudz Siddiq, tidak mau menduga-duga makna politik di balik rencana SBY ke Mabes TNI. Yang ia harapkan, SBY tidak lagi mengeluarkan pernyataan bertele-tele seperti selama ini didengar rakyat dari pemerintah.

“Justru ini momentum bagus. Kalau Presiden menyampaikan saat buka bersama dengan paguyuban artis, pesannya pasti beda. Ini di Mabes TNI, jadi harus gagah,” ujar Mahfudz di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (1/9).

Mahfudz minta, pada nanti malam Presiden memberi pernyataan yang ditujukan langsung ke pemerintah Malaysia. Akan sangat bagus bila Presiden bisa tegaskan bahwa bagi Indonesia insiden saling tangkap di perairan Bintan, Kepulauan Riau, dua pekan lalu berakar dari persoalan perbatasan yang serius. Presiden juga harus tegaskan, Indonesia siap lakukan berbagai langkah dan pendekatan baik itu soft power diplomacy atau hard power diplomacy.

Jangan lagi membuat pernyataan untuk urusan di dalam negeri, apalagi sekadar mengomentari maraknya demonstasi anti Malaysia.

“Kalau begitu, kesannya kita malah kerepotan dengan reaksi masyarakat kita sendiri. Sekarang waktunya SBY mengeluarkan semacam pernyataan terakhir mumpung momen dan tempat mendukung,” ujarnya.[ald] (RM)

Satu Tanggapan to “Menebak Pidato SBY Tentang Malaysia”

  1. pastinya, ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan presiden sby dalam pidatonya…salah satunya adalah keadaan TKI di Malaysia yang jumlahnya mencapai 2 jutaan dan itu belum termasuk TKI yang ilegal..SBY mungkin takut malaysia “mengganggu” para TKI (terlebih lagi TKI Ilegal), sehingga mencoba untuk berhati-hati thd Malaysia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: