Adie Prasetyo

Because History Must be Written

Tolak Gedung Baru DPR

Posted by Ndaru Nusantara pada 1 September 2010

Kinerja DPR selama ini yang masih kurang dari harapan masyarakat banyak, membuat para politisi yang ngantor di Senayan ini dinilai belum layak mendapat gedung baru dengan fasilitas wah. Apalagi fasilitas itu juga kecil korelasinya dengan produktivitas kerja. Gedung baru DPR beserta fasilitasnya memang tampak cukup wah. Bagaimana tidak, ruangan kerja tiap anggota DPR nantinya berukuran 120 meter persegi, nyaris empat kali lebih luas dibanding ruangan sekarang. Belum lagi jika Ketua DPR, Marzuki Alie tidak memenuhi janjinya untuk membatalkan rencana fasilitas spa.

Fasilitas begitu top yang tentunya menyita uang yang tidak sedikit ini lantas berujung pada sorotan. Bahkan Wakil Ketua DPR, Pramono Anung sendiri menolak rencana ruang kerja yang begitu luas karena dinilai terlalu berlebihan. Senada dengan Pram, pengamat politik dari Universitas Indonesia, Arbi Sanit juga mengemukakan hal serupa.

“Saya pikir tidak masuk akal. Lihat saja kinerja mereka masih seperti itu. Yang gamblang saja lah, persentase kehadiran mereka saat sidang begitu rendah. Apa iya mereka-mereka ini perlu dibuatkan gedung baru dengan fasilitas yang begitu wah pula,” kata Arbi Sanit ketika dihubungi detikcom, Rabu (1/9/2010).

“Coba kita bandingkanlah dengan militer di perbatasan misalnya, mereka total bekerja demi bangsa. Alih-alih dapat gedung atau rumah, kesejahteraan mereka saja kurang diperhatikan. Saya tidak melihat satu argumen pun yang masuk akal dari rencana pembangunan gedung itu.”

Namun Arbi sudah terlanjur berkecil hati untuk mengkritik Senayan. Pasalnya dari beberapa kasus yang ada, para anggota DPR sangat jarang mendengar pendapat masyarakat.

“Ah tapi kritik semacam ini kan tidak akan didengar. Beberapa hari lalu Ketua DPR kan sudah bilang, mau dikritik seperti apa pun rencana pembangunan akan jalan terus. Mereka tidak akan mereview kembali. Mereka takkan mendengar. Saya pikir sudah seperti bicara dengan badak.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: