Adie Prasetyo

Because History Must be Written

Pidato SBY Tunjukkan Inferioritas pada Malaysia

Posted by Ndaru Nusantara pada 2 September 2010

Pidato Presiden SBY menyikapi ketegangan dengan Malaysia tadi malam dinilai menunjukan inferioritas. “Sangat mengecewakan. Kita secara akumulasi sudah dilecehkan Malaysia tapi pemerintah tidak menunjukan sikap tegas, malah menunjukan sikap inferior” kata Anggota Komisi Pertahanan DPR Lily Wahid pada Tempo, Kamis 2 September 2010.

Menurut Lily, sikap yang ditunjukan SBY tadi malam sangat tidak menguntungkan untuk perundingan soal perbatasan pada 6 September mendatang. Sebab, sedari awal pemerintah sudah menunjukan sikap inferioritasnya tersebut.

Seharusnya, kata Lily, SBY menunjukan ketegasan pada sikap Malaysia selama ini. Apalagi, adanya insiden penahanan petugas KKP dianggap sebagai sebuah penghinaan besar. “Kalau pun mereka salah, mereka petugas negara. Masak diborgol gitu,” ujar adik kandung Gus Dur ini.

Meski mengambil langkah diplomasi, seharusnya pemerintah tidak menunjukan kelemahannya. “Diplomasi ya diplomasi, tapi jangan lembek-lembek amat,” kata Lily yang juga politisi PKB ini.

Lebih jauh, Lily bahkan mengatakan apa yang dilakukan pemerinbtah saat ini sudah gagal menjalankan amanat konstitusi. “Karena amanat konstitusi adalah mempertahankan kedaulatan negara,” tegas dia. (Tempo)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: